Beranda Online / Kesehatan / Manfaat Vitamin D Bagi Kesehatan Tubuh
sinar pagi
sinar pagi

Manfaat Vitamin D Bagi Kesehatan Tubuh

Sebagai manusia vitamin D banyak dibutuhkan oleh tubuh tidak terkecuali bagi semua yang hidup di zaman modern ini. Banyak di antaranya yang bekerja dimulai dari pagi hari hingga petang hari tanpa sedikitpun terpapar sinar matahari. Bahkan, sebagian di antaranya mungkin ke kantor terlalu pagi sehingga tidak terkena sinar matahari sama sekali. Hal ini tentu saja dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh terutama tulang dan kulit. Bagi anda khususnya wanta yang ingin tampil cantik, ada baiknya anda mengkonsumsi Vitamin D secara teratur dalam jumlah yang cukup setiap harinya. Karena apabila anda kekurangan Vitamin D, tidak diragukan lagi penyakit jantung dan kanker kulit bisa menyerang.

Kulit merupakan elemen penting untuk Vitamin D karena melalui kulit Vitamin D bisa sampai ke dalam tubuh. kulit akan menerima vitamin D dari matahari kemudian memprosesnya dan menyalurkannya ke dalam tubuh. Jika anda tidak mendapatkan asupan Vitamin D melalui matahari, ternyata masih ada jalan lain yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan Vitamin D. Diantaranya adalah, dengan mengkonsumsi suplemen Vitamin D.

sinar pagi
sinar mentari pagi

Dari waktu ke waktu semakin tua usia kulit pun akan lebih sulit menerima asupan Vitamin D terutama dari matahari. Hal ini dikarenakan kulit sudah mengalami berapa penurunan kemampuan.Kurangnya kemampuan kulit tersebut bisa dilihat buktinya pada orang-orang tua, banyak orang tua yang terkena osteoporosis atau penyakit tulang. ini disebabkan karena mereka kekurangan Vitamin D. Sinar matahari pagi Peranan Vitamin D pada kulit, vitamin D dibutuhkan oleh kulit sebagai bahan untuk meningkatkan elastisitas serta merangsang produksi kolagen. Tidak hanya itu, asupan Vitamin D yang cukup dapat meningkatkan kecerahan kulit, mengurangi garis-garis halus, bintik-bintik gelap, bahkan jerawat.

Dalam sebuah riset dikatakan khususnya bahwa banyak wanita yang kekurangan Vitamin D dan menjadi sakit akibat menggunakan tabir surya. Terutama penggunaan tabir surya setiap hari yang dimulai pada pagi hari sebelum mereka berangkat bekerja. Akibatnya, kulit mengalami penuaan dini dan rentan terhadap kanker. Seseorang yang selalu memakai tabir surya pada pagi hari sebelum berangkat bekerja, kulitnya akan menjadi pucat dan tidak sehat, walaupun tampak lebih putih. Sebaliknya kelebihan vitamin D juga dapat berbahaya bagi kulit, menyebabkan seorang mengalami beberapa gejala seperti pusing, mual dan muntah-muntah. Oleh sebab itu, anda harus mengetahui berapa kadar Vitamin D yang anda butuhkan perharinya, agar tidak terjadi over dosis.

Adapun manfaat – manfaat lain sinar matahari pagi bagi kesehatan tubuh, antara lain :

1. Menyehatkan jantung

Berjemur di bawah sinar matahari membuat peredaran darah menjadi lancar sehingga tanpa sadar bisa meningkatkan kinerja jantung. Ditambah lagi, di pagi hari sang surya sedang gencar-gencarnya melepaskan vitamin D yang bagus untuk kesehatan kulit dan jantung. tahu tidak kalau kekurangan vitamin D bisa membuat kita menderita penyakit kardiovaskular. Tidak mau hal ini terjadi pada hidup, untuk itu rajin-rajin berjemur di pagi hari.

2. Membuat anda bahagia

Disadari atau tidak, berjemur di pagi hari bisa membuat perasaan menjadi lebih tenang dan bersemangat. Sebab ketika berjemur, tubuh akan mengeluarkan keringat dan sinar matahari bisa membuat otak melepaskan serotonin. Udara segar dan aroma khas pagi tanpa sadar akan membuat optimis dalam menjalani hari dan membuat tersenyum bahagia.

3. Menutrisi Kulit

Seperti yang sudah diketahui, sinar matahari pagi mengandung kekayaan vitamin D yang sangat bagus untuk menutrisi kulit. Produk perawatan kulit sudah berhasil menutrisi kulit dengan sangat baik. Tapi, akan lebih baik jika mendapatkannya secara alami.

4. Membuat Tulang dan Otot Kuat

Sinar matahari bisa membuat tulang dan otot menjadi kuat, karena selain bagus untuk kulit vitamin D juga bisa menguatkan otot dan tulang serta menurunkan risiko kram otot.

5. Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Ini dikarenakan, sinar matahari pagi akan memicu produksi sel-sel darah putih yang berfungsi melawan kuman, virus dan bakteri yang masuk ke tubuh anda. Sehingga andapun jarang sakit atau tertular penyakit.

6. Mengurangi Tingkat Depresi

Ini dikarenakan, Sinar matahari pagi merangsang produksi hormon serotonin yang berfungsi menurunkan tingkat depresi pada seseorang. Untuk itulah, biasakan diri berjemur di sinar matahari pagi yang menghangatkan tubuh tersebut.

7. Dapat Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Sinar matahari pagi akan merangsang produksi hormon melatonin (hormon yang membantu anda tidur lebih pulas). Jadi, Jika hormon melatonin terlalu minim, akan membuat seseorang terjaga atau susah tidur tiap malamnya.

Download PDF
 

Penerbit Oleh: Timeline

®
®.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *