Beranda Online / Kesehatan / Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Tubuh
bubuk coffe
bubuk coffe

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Tubuh

Sebagian kalangan remaja dan dewasa sangat menyukai kebiasaan minum kopi. Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Ada banyak jenis biji kopi, mulai dari kopi robusta, kopi aerabika, kopi luwak dan lain sebagainya. Selain berguna sebagai minuman penghilang kantuk dan minuman penghangat tubuh, kopi juga mempunyai manfaat lain untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Pada sebuah situs mengungkapkan bahwa di dalam kopi terdapat kandungan zat berupa karbohidrat, glikosida, mineral, asam amino, protein, kafein, asam alifatik / asam karboksilat, trigoneline, asam klorogenat dan masih banyak yang lainnya. Selain dapat menyehatkan tubuh, semua kandungan tersebut juga mempunyai kemampuan untuk menutrisi kulit karena kopi juga mempunyai manfaat untuk kulit, terutama di bagian wajah khusunya bagi wanita.

 

Kopi

 

Manfaat kopi untuk wajah juga sudah terbukti, karena ada beberapa tempat spa dan salon perawatan wajah yang telah menggunakan kopi untuk masker wajah.

 

Berikut ini manfaat kopi untuk kesehatan kulit wajah adalah sebagai berikut :

1. Menyamarkan Noda Hitam Bekas Jerawat

Baik bubuk kopi maupun ampas kopi, saat dioleskan pada wajah masing-masing mempunyai kemampuan untuk menyamarkan noda hitam bekas jerawat dan flek-flek hitam. Hal ini disebabkan karena kopi mempunyai kemampuan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati.

2. Mengatasi Masalah Jerawat

Ampas kopi dapat dijadikan sebagai scrub wajah untuk mengatasi masalah jerawat dengan cara membuat jerawat lebih cepat kering, sehingga terhindar dari masalah peradangan jerawat.

3. Mencerahkan Kulit Wajah

Di dalam kopi terdapat kandungan antioksidan yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk akibat radikal bebas. Dengan demikian, wajah akan terlihat lebih cerah dan terbebas dari kulit kusam.

4. Menghilangkan Komedo

Selain jerawat, masalah yang sering mampir pada kulit wajah adalah komedo. Komedo terjadi karena wajah mempunyai kandungan minyak berlebih, wajah berminyak dijadikan sebagai tempat yang cocok untuk komedo. Untuk mengatasi masalah komedo, bisa dilakukan dengan menggunakan masker ampas kopi secara teratur.

5. Mengontrol Kandungan Minyak Berlebih

Manfaat kopi selanjutnya yaitu, ketika digunakan sebagai masker wajah secara rutin dapat mengontrol kandungan minyak berlebih pada wajah sehingga wajah terlihat lebih bersih, bebas kilat dan terhindar dari jerawat.

6. Melembabkan dan Menghaluskan Kulit

Kopi yang digunakan sebagai masker wajah dan scrub wajah alami secara teratur dapat membuat kulit menjadi lebih lembab dan halus.

7. Mengecilkan Pori-pori Kulit Wajah

Jika digunakan sebagai masker wajah secara teratur, kopi dapat mengecilkan pori-pori wajah sehingga dapat membuat kulit terbebas dari masalah jerawat dan komedo. Perlu diketahui, salah satu penyebab tumbuhnya jerawat dan komedo pada kulit wajah disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat oleh kotoran dan ekskresi lemak yang berlebihan.

Cara pembuatan masker kopi pun mudah untuk dilakukan, caranya cukup gunakan ampas kopi murni atau ampas kopi yang tidak tercampur dengan gula, kemudian oleskan pada wajah sebagai masker, lakukan pijatan atau gosokkan lembut pada wajah, diamkan sekitar 20 – 25 menit, lalu bilaslah menggunakan sabun wajah dan air bersih. Masker kopi juga bisa dibuat dengan cara mencampurkan ampas kopi murni dengan madu, putih telur atau minyak zaitun.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan masker wajah atau scrub wajah secara teratur, maksimal 2 – 3 kali dalam seminggu. Pastikan juga bahwa telah menggunakan kopi asli dan murni, yaitu bubuk kopi yang tidak tercampur dengan bahan apapun. Pasalnya, untuk memperkecil biaya produksi ada beberapa produsen yang mencampurkan bahan lainnya seperti serbuk jagung ke dalam produk kopi yang mereka buat.

Tips untuk memastikan keamanan dan keaslian kopi, sebaiknya beli biji kopi kemudian sangrailah sendiri atau memasak dengan wajan tanah liat tanpa menggunakan minyak. Kemudian, haluskan biji kopi yang sudah disangrai tersebut. Jika sudah mengetahui proses pembuatan bubuk kopi, pembaca dapat diketahui keamanan dan keaslian dari bahan yang akan digunakan untuk kulit wajah. Hal ini disebabkan karena untuk wanita wajah merupakan salah satu aset yang berharga sehingga tidak boleh sembarang dalam memilih bahan alami, produk kecantikan dan kosmetik yang akan digunakan terutama.

Selain itu kopi memang bersifat adiktif dan kadang membuat jantung berdebar serta gugup. Tapi, kopi juga menawarkan berbagai manfaat kesehatan dari kepala sampai ke kaki selain untuk kecantikan, diantaranya :

 

  • Liver : Konsumsi lebih dari dua cangkir kopi perhari, dapat mengurangi risiko penyakit liver seperti sirosis hati.
    Mood : Risiko depresi pada wanita berkurang hingga 20 persen pada wanita yang minum secangkir kopi, demikian kata penelitian Harvard School of Public Health.
  • Diabetes : Konsumsi secangkir kopi tanpa gula perhari menurunkan risiko diabetes hingga 33 persen, menurut studi dari Harvard.
  • Ibu jari : Minum enam cangkir kopi perhari nampaknya bisa mengurangi kadar asam urat terutama pada pria.
  • Jantung : Mengonsumsi 200-300 mg kopi perhari membuat jantung bekerja lebih baik dengan cara melancarkan peredaran darah saat Anda beristirahat.
  • Energi : Minum tiga sampai empat cangkir kopi perhari akan membuat Anda lebih berenergi dan lebih tahan lama berolahraga, kata sebuah studi Plos One.
  • Daya ingat : Dua ratus miligram kafein mampu meningkatkan kemampuan memori dalam jangka waktu lama, kata sebuah studi terbaru.
Download PDF
 

Penerbit Oleh: Timeline

®
®.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *