Beranda Online / Kesehatan / Khasiat dan Manfaat Teh Hijau
teh hijau
teh hijau

Khasiat dan Manfaat Teh Hijau

Teh hijau telah lama dikenal sebagai pengganti minuman seperti kopi dll, yang lebih sehat karena rendah kandungan kafein dan mengandung antioksidan alami yang sangat kuat yang disebut dengan polifenol. Antioksidan jenis ini tidak hanya membantu menyehatkan tubuh, kulit, dan rambut, tetapi juga membantu menghambat pertumbuhan sel kanker. Teh hijau juga merupakan pilihan yang sehat karena cara itu diproses . Teh hijau berasal dari daun tanaman Camellia sinensis yang hanya dikukus, sehingga mencegah hilangnya kandungan katekin. Sedangkan teh hitam atau teh oolong dibuat dari daun yang difermentasi, sehingga menyebabkan hilangnya senyawa anti oksidan.

kasiyat teh hijau

Teh hijau kini telah sangat populer di seluruh dunia, berbagai makanan, minuman, suplemen makanan kesehatan serta kosmetik sekarang banyak dibuat dari ekstrak teh hijau. Beberapa penelitian ilmiah di seluruh dunia menemukan bahwa yang minum teh hijau secara teratur lebih rendah memiliki resiko menderita sakit jantung dan bahkan kanker. Dibandingkan dengan teh biasa, teh hijau memiliki lebih sedikit kafein.Selain itu teh hijau lebih tinggi mengandung flavonoid (fitokimia yang ditemukan dalam produk tanaman) yang memiliki sifat  antioksidatif dan anti karsinogenik.

Berikut ini beberapa manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan tubuh :

1. Mencegah penuaan dini

Manfaat teh hijau bagi kecantikan yang pertama adalah untuk penuaan dini. Teh hijau mengandung zat klorofil yang dapat memperlambat proses penuaan, menghilangkan garis halus pada wajah dan mencegah penuaan dini bagi orang orang yang masih berusia produktif sekitar 20 sampai 35 tahun.

2. Sebagai penawar racun

Teh hijau mengandung tanin yang mempunyai zat antioksidan tinggi dan bersifat anti bakteri yang dapat mengeluarkan racun dalam tubuh lewat urin, ludah dan cairan keringat

3. Berguna untuk kesehatan tulang

Teh hijau mengandung kalsium tinggi yang mampu mengatsi masalah tulang diantaranya membantu proses pertumbuhan tulang pada anak anak, memadatkan tulang dan menguatkan tulang bagi orang dewasa dan lanjut usia.

4. Mengurangi kadar gula

Teh hijau mengandung zat Alkaloid yang mempunyai sifat anti diabetes yang dapar membantu menurunkan kadar gula dalam darah.

5. Dapat menyembuhkan penyakit kulit Eksim

Teh hijau mengandung Klorofil dan Flavonoid yang dapat mengobati penyakit eksim dan mengurangi efek kerusakan sel dan jaringan tubuh dari luka, infeksi dan peradangan.

6. Meningkatkan imun dalam tubuh

Teh hijau mengandung zat polifenol, Natrium dan Seng yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mengatur keseimbangan elektrolit tubuh agar tetap sehat.

7. Mencegah Arthritis

Teh hijau bisa membantu mencegah dan mengurangi risiko rematik atau rheumatoid arthritis. Ini karena akan melindungi tulang rawan dengan cara menghalangi produksi enzim kemokin. Kemokin adalah protein yang mempromosikan peradangan dalam tubuh, yang dikatakan menghancurkan fleksibilitas tulang rawan – dimana ini merupakan gejala umum arthritis .

8. Mencegah Kanker Kulit

Polifenol yang terdapat dalam teh hijau akan menghambat pertumbuhan dua proteinvascular endothelial growth factor (VEGF) and the Hepatocyte growth factor (HGF), yang dikenal mempromosikan pertumbuhan sel tumor. Teh hijau akan membantu menghambat kanker akibat karsinogen dan sinar ultraviolet.

9. Mengurangi Stres dan Depresi

Stres dan depresi adalah dua masalah lain yang mengancam kedamaian pikiran kita. Teh hijau benar-benar dapat membantu Anda untuk melawan depresi. Penelitian yang dilakukan oleh American Botanical Council telah menemukan bahwa orang tua yang minum teh hijau setiap hari semakin kecil kemungkinannya untuk depresi. Teh hijau sebenarnya juga bagus untuk otak Anda, karena Polifenol dalam teh hijau membantu otak dengan jalan menjaga pasokan kebutuhan utamanya yaitu glukosa. Selain anti oksidan, teh hijau juga mengandung senyawa yang disebut Theanine, adalah asam amino yang membantu mengurangi stres dan kecemasan. Theanine juga merupakan anti depresan.

10. Meningkatkan Imunitas

Anti oksidan polifenol dan flavonoid akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia, sehingga akan membuat kita lebih sehat dengan membantu mencegah dan melawan infeksi. Sejumlah besar vitamin C dalam teh hijau juga membantu Anda secara efektif dengan cara yang sama.

11. Meringankan gejala Asma

Bagi orang yang memiliki masalah asma yang berat, teh hijau ini sangat berguna karena mengandung teofilin, yang diklaim dapat mengendurkan otot-otot saluran bronkial, sehingga mengurangi keparahan asma. Sebagaimana disebutkan di atas, teh hijau juga mengurangi kepekaan terhadap alergi, sehingga menjaga reaksi asma terhadap setiap alergi.

12. Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Neurologis

Polifenol yang terkandung dalam teh hijau bisa membantu menjaga bagian otak yang bertugas mengatur belajar dan memori. Hal ini akan memperlambat proses pengurangan acetylcholine dalam otak, dan juga mencegah kerusakan sel di otak. Konsumsi rutin teh hijau juga membantu pencegahan penyakit degeneratif dan neurologis seperti Alzheimer dan Parkinson.

13. Menyehatkan Rambut

Teh hijau diketahui menghambat pertumbuhan DHT (Dihydrotestosterone), yang dikenal menghambat pertumbuhan rambut dan menyebabkan rambut rontok. Senyawa teh hijau bereaksi terhadap testosteron, sehingga jumlah dalam darah tetap seimbang sehingga tidak bereaksi dengan 5-alpha reductase dan berubah ke DHT. Juga membantu mencegah dan mengatasi masalah rambut yang umum seperti ketombe dan psoriasis dengan mengurangi peradangan karena sifat antiseptik. Teh hijau juga dikenal dapat merangsang pertumbuhan rambut dan menghaluskan rambut. Ini karena mengandung polifenol, vitamin E dan vitamin C, yang dikenal untuk meningkatkan kilau rambut. Anda bisa membuat bilasan rambut dengan menggunakan 3-4 kantong teh hijau yang diseduh kedalam setengah liter air, dan gunakan ini untuk bilasan terakhir setelah Anda keramas menggunakan sampoo dan kondisioner.

14. Dapat menjaga kesehatan hati

Teh hijau mampu mengaktifkan enzim glutathione peroxidesa dan katalase yang mempunyai kemampuan melindungi hati dari kerusakan.

15. Menjaga suhu tubuh agar tetap stabil

Teh hijau kaya dengan antioksidan, saponin, vitamin dan zat Theophyline serta theobromine yang dapat bekerja sama dalam menyembuhkan infeksi ketika ada organ tubuh yang mengalami peradangan agar suhu tubuh tetap terjaga.

16. Melangsingkan dan mempertahankan berat badan

Teh hijau mengandung polifenol sebagai antioksidan kuat yang mampu menghambat radikal bebas didalam tubuh. Dapat menghancurkan lemak di dalam tubuh serta membantu enszim pencernaan untuk proses pembakaran lemak.

Download PDF
 

Penerbit Oleh: Timeline

®
®.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *