Beranda Online / Internet / Cara Update Flush DNS Cache di Windows
Tips setting dns cache komputer windows
Tips setting dns cache komputer windows.

Cara Update Flush DNS Cache di Windows

Mempercepat akses intenet
Flush DNS intenet

Biasanya komputer windows yang sering dipakai hubungan ke internet secara otomatis menyimpan nama host dari situs atau website yang telah Anda kunjungi agar reload halaman menjadi lebih cepat. Jika alamat IP dari sebuah situs website berubah sebelum cachenya di update, Anda mungkin bisa tidak dapat memuat halaman website yang anda tuju. Jika Anda sering menemui “Halaman Tidak Ditemukan”  dan Anda tahu bahwa Anda terhubung ke internet, cobalah refresh, reset, atau flush DNS cache untuk update informasi cache DNS dari komputer yang anda pakai berinternet.

Berikut ini cara Reset, Clear, Refresh, Flush DNS Cache.

1. Flush Windows OS

Pertama, anda perlu membuka Run > Command Prompt (CMD) di Windows 7/8/10 Anda. Di Windows”. Dalam kotak search, ketik cmd. Kemudian, klik kanan dan pilih “Run as administrator”.

Kemudian, ketik perintah berikut dan tekan enter:

ipconfig /flushdns

Setelah konfirmasi muncul

Windows IP Configuration. Successfully flushed the DNS Resolver Cache.

2. Flush Linux OS

Ketik:

root@support [~]# cd /etc/rc.d/init.d
root@support [/etc/rc.d/init.d]# ./nscd restart

3. Flush Mac OS

Mac Tiger Ketik:

$ lookupd -flushcache

Untuk Leopard Mac ketik:

$ dscacheutil -flushcache

Cara Melihat Entry DNS Cache Windows OS

Jika Anda ingin melihat cache DNS yang telah dibersihkan, Anda dapat mengetik perintah berikut dan tekan Enter :

ipconfig /displaydns

Ini akan menampilkan entri cache DNS di komputer anda, jika ada.

Mengaktifkan atau Non aktifkan DNS Cache

Untuk me nonaktifkan caching DNS untuk kondisi khusus, ketik net stop dnscache dan tekan enter.
Untuk mengaktifkan caching DNS, ketik net start dnscache dan tekan enter. Dan tentu saja, jika anda restart komputer, caching DNS akan otomatis kembali aktif.

Berikut ada beberapa perintah lain Command Prompt pada Jaringan komputer windows os.

1. ping

Melalui Perintah ketik ping mengirim ICMP echo request packets ke tujuan. Contohnya, anda bisa ping google.com atau ping 172.195.33.174 untuk ping domain atau IP address. Dengan mengetik perintah tersebut akan “bertanya” ke tujuan agar membalas. Jika tujuan dikonfigurasi untuk bisa membalas, tujuan akan merespon packet tersebut. Anda akan dapat melihat berapa lama waktu round-trip/perjalanan antara komputer Anda dan tujuan (dibaca: Latency). Anda akan melihat “request timed out/RTO” jika packet loss terjadi/tidak terhubung dengan tujuan, dan Anda akan melihat pesan kesalahan jika komputer Anda tidak dapat berkomunikasi dengan host tujuan yang dituju melalui ping.

2. traceroute / tracert / tracepath

Salah satu perintah dasar command prompt pada jaringan adalah ketik traceroute persis dengan perintah ping, tapi perintah ini dapat memberikan informasi jalur paket tujuan melewati mana saja. traceroute mengirimkan paket ke tujuan, dan sepanjang jalan meminta setiap router Internet untuk membalas ketika dilewati. Ini akan menunjukan jalur koneksi antara komputer Anda dan tujuan.

Tool ini dapat membantu untuk troubleshoot masalah koneksi. Contohnya, jika Anda tidak dapat terhubung dengan server, menjalankan traceroute akan menunjukan jalur/hop yang bermasalah antara komputer Anda dan tujuan.

3. ipconfig / ifconfig

Perintah ketik ipconfig bisa digunakan di Windows, sementara perintah ifconfig bisa digunakan di Linux, Mac OS x dan Unix. Perintah ini memungkinkan Anda untuk mengkonfigurasi interface jaringan dan melihat informasi interface/LAN Card di komputer Anda. Sebagai contoh, anda bisa gunakan perintah ipconfig /all di Windows untuk melihat konfigurasi interface jaringan di komputer Anda, IP Address Anda, DNS server dan informasi lainnya. Atau, Anda bisa gunakan perintah ipconfig /flushdns untuk Reset, Clear, Refresh, Flush DNS Cache di Windows. Memaksa windows untuk mendapatkan alamat baru dari DNS server setiap anda mengakses situs baru. Perintah lainnya bisa memaksa komputer anda untuk memperbaruhi IP address dan mendapatkan ip address baru dari DHCP server. Tools ini dapat dengan cepat menampilkan alamat IP komputer atau membantu Anda memecahkan masalah koneksi.

4. nslookup

Perintah dasar command prompt pada jaringan lainnya adalah perintah ketik nslookup akan mencari alamat IP yang terkait dengan nama domain. Contohnya, anda bisa menjalankan perintah nslookup untuk melihat IP address blog ini www.alamattujuan.com

Komputer Anda akan terus query server DNS untuk menerjemahkan nama domain ke alamat IP. Perintah ini hanya memungkinkan Anda untuk melakukannya secara manual. nslookup juga memungkinkan Anda untuk melakukan reverse lookup untuk menemukan nama domain yang terkait dengan alamat IP. Misalnya, nslookup 178.1×6.195.10x akan menunjukkan bahwa alamat IP ini dikaitkan dengan alamat url, alamattujuan.com

5. netstat

netstat singkatan dari statistik jaringan. Perintah ketik netstat ini menampilkan koneksi jaringan yang masuk dan keluar serta informasi jaringan lain. Ini tersedia di Windows, Mac dan Linux setiap versi memiliki opsi baris perintah sendiri Anda dapat men-tweak untuk melihat berbagai jenis informasi.

Utilitas netstat dapat menunjukkan koneksi yang open di komputer Anda, program mana yang membuat koneksi, berapa banyak data sedang dikirim, dan informasi lainnya.

Download PDF
 

Penerbit Oleh: netcom

®
Komputer internet®.

Baca Juga

berbagai penyedia layanan server

Website Penyedia VPS Server Di Internet

Dengan ketelitian yang cukup tinggi saat memilih VPS hosting tentunya anda bisa terhindar dari segala …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *