Beranda Online / Design / Arti Logo dan Ciri-ciri Logo

Arti Logo dan Ciri-ciri Logo

Logo adalah simbol dari suatu organisasi, kelompok dan bisa juga perorangan yang mengartikan makna atau pesan yang ingin disampaikan dari kelompok atau organisasi tersebut. Logo adalah lambang atau simbol khusus yang mewakili suatu perusahaan atau organisasi. Sebuah logo bisa berupa nama, lambang atau elemen grafis lain yang ditampilkan secara visual. Sebuah logo diciptakan sebagai identitas agar unik dan mudah dibedakan dengan perusahaan kompetitor/pesaing. Logo adalah identitas, Logo yang baik akan menggambarkan kesan yang baik juga terhadap pemiliknya. Maka dari itu, dalam pembuatannya, tidak boleh asal-asalan.

Design logo merupakan bagian penting dari graphic design, dan bagian yang paling sulit, karena logo mewakili merek perusahaan atau identitas perusahaan dan membantu pengenalan konsumen akan suatu produk, sangatlah tidak disarankan untuk mengubah logo secara rutin. Warna juga merupakan poin penting untuk pengenalan merek. Beberapa warna melambangkan emosi yang ingin dicitrakan oleh designer terhadap suatu logo. Sebagai contoh, warna primer yang kuat seperti warna merah dimaksudkan untuk menarik perhatian dari pengendara di jalan tol, dan bisa digunakan untuk perusahaan yang memang membutuhkan karakter warna ini. Warna hijau lebih umum ditujukan sebagai sesuatu yang sehat, dan sektor kebersihan, dan warna biru muda atau abu-abu sering digunakan untuk makanan diet. Untuk merek dagang lain, warna dengan saturasi rendah dapat mengkomunikasikan sesuatu yang tenang, dapat dipercaya, rileks.

logo simbol

Dalam pembuatan logo yang baik sebaiknya memperhatikan aspek-aspek berikut:

1. Sederhana

Logo yang sederhana itu baik Tidak banyak variasi dan pesan dalam logo mudah dicerna. Namun meskipun sederhana, logo haruslah berbeda dengan yang lainnya, sehingga logo tidak terkesan membosankan. Misalnya anda membuat logo yang hanya berbentuk bulat. Betul Itu sangat sederhana, namun tidak ada daya tarik dan sangat membosankan. Justru itu ambigu untuk dikategorikan sebagai sebuah logo karena sangat umum.

2. Mudah diingat dan dimengerti

Logo yang baik itu logo yang dapat mencerminkan pesan atau identitas dari sebuah perusahaan atau organisasi tertentu dalam sekali lihat.

3. Tahan lama

Logo yang tidak termakan tren itu lebih baik. Walau dalam jangka waktu yang lama pun tidak terkesan kuno, sehingga tidak usah repot-repot mendesign ulang atau merevisi logo tersebut.

4. Enak di pandang

Logo yang tidak rapi dan acak-acakan akan dilewatkan. Itu juga menjadi kesan bahwa organisasi atau perusahaan pemiliknya tidak profesional.

5. Sesuai fungsi

Sebuah logo harus melambangkan fungsi, makna dan produk dari pemiliknya sehingga orang yang melihat tidak salah mengerti. contoh: logo restoran bergambar handphone. Orang akan mengira itu adalah toko handphone bukan restoran. tapi bilamana ditambah tagline (keterangan) yang mendukung seperti ‘makanan anda bisa dipakai SMSan’, itu mungkin akan dimengerti dan malah menjadi unik.

6. Tepat

Yang dimaksud tepat disini mengenai pemilihan berbagai elemen dalam logo, seperti warna, font, maskot dll.

7. Unik dan menarik

Logo yang unik dan menarik akan membuat orang yang melihat tertarik. Juga akan menjadi ciri khas dari suatu organisasi atau perusahaan tertentu.

 

Download PDF
 

Penerbit Oleh: Timeline

®
®.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *