Beranda Online / Design / 11 Design Baru Resmi Uang Rupiah
Design Baru Resmi Uang Rupiah Desember 2016. Netmedia.
Design Baru Resmi Uang Rupiah, Desember 2016. BI Netmedia.

11 Design Baru Resmi Uang Rupiah

Sebelas design baru uang kertas dan logam tahun emisi 2016 akhirnya resmi diperkenalkan ke publik pada 19 Desember 2016. Bank Indonesia memperkenalkan 7 uang kertas dan 4 uang logam baru. Uang design baru tersebut menampilkan gambar 12 pahlawan nasional yang ditetapkan sesuai dengan keputusan presiden RI.

Untuk uang rupiah kertas, mulai dari pecahan Rp 100.000 (gambar utama Ir Soekarno dan Moh. Hatta), Rp 50.000 (gambar utama Ir. H. Djuanda Kartawidjaya), Rp 20.000 (gambar utama Dr. G.S.S.J Ratulangi), Rp 10.000 (gambar utama Frans Kaisiepo), Rp 5.000 (gambar utama K.H Idham Chalid), Rp 2.000 (gambar utama Mohammad Hoesni Thamrin) dan Rp 1.000 (gambar utama Tjut Meutia). Sedangkan untuk pecahan logam, mulai dari Rp 1.000 (gambar utama I Gusti Ketut Pudja), Rp 500 (gambar utama Letjend TNI T.B Simatupang), Rp 200 (gambar utama Tjiptomangunkusumo) dan Rp 100 (gambar utama Herman Johannes).

Design unik uang baru 2016
Design baru resmi, dirilis BI 2016.

Pengaman ini terdiri dari color shifting, rainbow feature, latent image, ultra violet feature (level 2), tactile effect, dan rectoverso. sangat sangat sulit dipalsukan, ujur BI. Pasalnya, bank sentral menyematkan banyak pengaman dalam uang khususnya yang berbentuk kertas tersebut.

  • Pengaman color shifting bisa dirasakan pemilik uang yang ingin memeriksa keaslian uangnya dengan memandang uang tersebut dari sudut pandang yang berbeda.
  • Pengaman rainbow feature, membuat pemilik uang yang melihatnya dari sudut pandang tertentu akan menemukan gambar tersembunyi multi warna berupa angka nominal.
  • Pengaman latent image, memungkinkan pemilik uang melihat gambar tersembunyi berupa huruf B dan I pada bagian depan uang dan angka nominal pada bagian belakang jika dilihat dari sudut tertentu.
  • Pengaman ultra violet feature, membuat desain UV feature memendar menjadi dua warna di bawah sinar matahari.
  • Pengaman rectoverso, akan membuat uang yang kita miliki membentuk gambar saling isi berupa logo BI jika diterawang.

“Uang design tahun emisi 2016 juga menyempurnakan fitur kode tuna netra (blind code) dengan melakukan perubahan design pada bentuk kode tuna netra berupa efek rabaan (tactile effect) untuk membantu membedakan antar pecahan dengan lebih mudah,” jelas BI.

Download PDF
 

Penerbit Oleh: geodesign

®

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *